Materi Kelas 7 Bahasa Indonesia: Teks Narasi

Materi Kelas 7 Bahasa Indonesia: Teks Narasi

Pengertian Teks Narasi

Teks narasi adalah jenis teks yang mengisahkan suatu cerita atau peristiwa secara urut dari awal hingga akhir. Tujuan utama dari teks narasi adalah untuk menghibur pembaca dengan cerita yang menarik dan membangkitkan imajinasi pembaca.

 

Struktur Teks Narasi

Pendahuluan: Bagian pendahuluan teks narasi biasanya berisi pengenalan tentang tokoh, latar, dan waktu terjadinya cerita. Pendahuluan ini bertujuan untuk memperkenalkan pembaca pada cerita yang akan disampaikan.

 

Pengembangan Cerita: Bagian ini merupakan inti dari teks narasi. Di dalamnya, cerita dikembangkan melalui serangkaian peristiwa atau kejadian yang saling terhubung. Pengembangan cerita harus disusun secara kronologis dan logis agar pembaca dapat mengikuti alur cerita dengan baik.

 

Puncak Cerita: Puncak cerita merupakan bagian di mana konflik atau permasalahan utama dalam cerita mencapai titik tertinggi. Di sinilah tegangan cerita mencapai puncaknya dan pembaca dibawa pada titik balik atau klimaks cerita.

 

Penyelesaian Cerita: Bagian penyelesaian cerita memberikan penyelesaian atau resolusi terhadap konflik atau permasalahan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita. Penyelesaian cerita dapat berupa penyelesaian yang bahagia atau tragis, tergantung pada jenis cerita yang disampaikan.

 

Penutup: Penutup cerita berisi kesimpulan atau pesan moral yang dapat dipetik dari cerita yang disampaikan. Penutup juga dapat berisi refleksi singkat dari pembelajaran atau pengalaman yang didapat oleh tokoh dalam cerita.

 

Ciri-ciri Teks Narasi

Menggunakan Bahasa Naratif: Teks narasi menggunakan bahasa naratif yang mengalir dan membangun suasana cerita. Bahasa yang digunakan dalam teks narasi cenderung deskriptif dan mengandung unsur imajinasi.

 

Menceritakan Kejadian Secara Berurutan: Cerita dalam teks narasi disampaikan secara berurutan dari awal hingga akhir, sehingga membentuk alur cerita yang jelas dan terstruktur.

 

Mengandung Tokoh, Latar, dan Konflik: Teks narasi mengandung tokoh-tokoh yang menjadi pelaku cerita, latar tempat dan waktu terjadinya cerita, serta konflik atau permasalahan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita.

 

Mengandung Konflik dan Penyelesaian: Cerita dalam teks narasi mengandung konflik atau permasalahan yang memicu alur cerita, serta penyelesaian atau resolusi terhadap konflik tersebut.

 

Contoh Teks Narasi

Judul: Petualangan di Pulau Terlarang

 

Pendahuluan: Di tepi pantai terdapat sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh hutan belantara. Pulau tersebut dikenal sebagai Pulau Terlarang karena kabarnya terdapat misteri yang menakutkan di dalamnya. Tidak ada yang berani menjelajahinya kecuali sekelompok anak-anak yang penuh dengan keberanian.

Pengembangan Cerita: Pada suatu hari, kelompok anak-anak itu memutuskan untuk menjelajahi Pulau Terlarang. Mereka mempersiapkan diri dengan hati-hati dan menaiki perahu kecil menuju pulau tersebut. Begitu mendarat di pantai, mereka langsung merasakan aura misterius yang menyelimuti pulau itu. Namun, rasa penasaran mereka tidak bisa dibendung.

Mereka memasuki hutan belantara dengan hati-hati, tidak mengetahui apa yang akan mereka temui di dalamnya. Setelah beberapa jam berjalan, mereka menemukan reruntuhan bangunan kuno yang sudah terlupakan. Di dalam bangunan itu, mereka menemukan peti tua yang terkunci rapat. Dengan penuh semangat, mereka berusaha membuka peti itu.

Puncak Cerita: Ketika peti berhasil dibuka, terdengar suara aneh dari dalamnya. Mereka melihat sesosok makhluk misterius yang muncul dari dalam peti. Rasa takut menyelimuti mereka, namun mereka tetap bertahan dan mencoba berkomunikasi dengan makhluk itu.

Penyelesaian Cerita: Ternyata, makhluk itu adalah penjaga harta karun yang terkubur di pulau itu. Dengan berani, mereka berdiskusi dengan penjaga harta karun tersebut dan akhirnya mendapatkan harta karun yang telah tersembunyi selama berabad-abad di pulau tersebut.

Penutup: Dengan harta karun yang mereka dapatkan, kelompok anak-anak itu pulang dengan rasa bangga dan keberanian yang baru mereka temukan. Mereka menyimpan kenangan petualangan di Pulau Terlarang sebagai pengalaman tak terlupakan dalam hidup mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Materi Pelajaran Bahasa Indonesia: Teks Berita

Next Post

Materi Kelas 7 Bahasa Indonesia: Teks Prosedur

Related Posts